Senin, 30 Maret 2015

aksesoris kalung facebook

aksesoris kalung facebook Menyongsong Hari Batik Nasional yang jatuh tiap-tiap tanggal 2 Oktober, gerakan " #BatikDay, Celebrating a National Pride and a Cultural Heritage of Indonesia " mengundang portal-portal lokal serta nasional untuk mendesain halaman situsnya dengan motif batik. Sejumlah 30 portal lokal serta nasional turut dan dalam gerakan digital ini, termasuk juga Kompas. com.

Dari pengumpulan nada lewat website BatikDay. com, Kompas. com memperoleh nada paling banyak ke-2 dengan 776 nada. Dua nada paling banyak lain dicapai Kaskus (2021 nada) serta Keepo. me (455 nada). Penyerahan penghargaan dikerjakan oleh Shinta Dhanuwardoyo, entrepreneur digital serta tehnologi yang juga inisiator #BatikDay di @america, Pacific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (6/10/2012) lantas.
Pertandingan ini diselenggarakan lantaran Shinta mau gaung Hari Batik lebih terdengar. Ia menyayangkan bahwa sampai kini orang Indonesia baru ribut perihal batik saat Malaysia di beritakan mengklaim batik juga sebagai product budaya mereka. Walau sebenarnya, pada awal mulanya orang Indonesia sendiri berkesan kurang menghormati batik. Dapat dibuktikan, pada awal mulanya batik tak jadi baju keseharian serta pengetahuan orang-orang perihal batik juga terbilang minim.

Karenanya, Shinta serta timnya bekerja bersama dengan komune penggemar batik untuk menghimpun seluruhnya info perihal batik serta memuatnya dalam website BatikDay. com. Shinta mengharapkan Hari Batik tak disikapi sebatas dengan kenakan baju batik, namun juga bahwa tiap-tiap orang lebih dapat mengapresiasi dengan menaikkan pengetahuan mereka perihal batik.

 " Mulai sejak dua th. lantas, saya juga telah mengingatkan portal-portal untuk ganti design halaman depannya dengan motif batik. Sayangnya, sedikit yang tahu bahwa portal-portal ini telah lakukan effort untuk lakukan hal semacam ini. Jadi, saya pikir portal-portal ini mesti dihimpun serta akhirnya dipertunjukkan ke orang-orang, " tutur Shinta pada Kompas. com.

Trending topic
Penentuan design batik untuk portal cuma adalah salah satu program gerakan #BatikDay. Pada awal mulanya, BatikDay. com mengajak beberapa pemakai account Twitter di Indonesia untuk menuliskan komentar tentang hari batik serta membubuhkan #BatikDay didalam tweet mereka.

Sambutannya nyatanya mengagumkan. Selama 1-4 Oktober lantas, ada nyaris 50. 000 tweet yang memakai tagar Batik Day. Hal semacam ini bikin #BatikDay pernah jadi trending topic nasional, tepatnya pada tanggal 2 Oktober.

Pemakaian keyword #BatikDay, serta bukannya keyword dalam bhs Indonesia seperti Hari Batik, rupanya juga dimaksudnya supaya menolong keyword itu menembus tema trend Twitter di semua dunia. Harapannya supaya beberapa pemakai internet di semua dunia bisa tahu bahwa batik Indonesia sudah dikukuhkan juga sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan serta Nonbendawi oleh UNESCO mulai sejak 2 Oktober 2009. Dengan hal tersebut, batik tidak cuma popular di Indonesia, namun juga di semua dunia.

 " Juga sebagai gerakan berbasis digital, jadi trending topic adalah salah satu tanda-tanda kesuksesan gerakan ini, " tutur Shinta.

Gerakan digital lain yang dikerjakan #BatikDay yaitu mengajak beberapa blogger nasional serta internasional untuk menulis tentang batik serta menebarkan aplikasi design batik untuk cover Facebook.

 " Kami juga bekerja bersama dengan fashion blogger luar. Pada awal mulanya saya bertanya lebih dahulu, ingin tidak mereka menolong (menebarluaskan batik) dengan kirim photo mereka menggunakan batik serta sedikit membahasnya. Saya kirim batik ke 10 blogger, namun pada akhirnya cuma enam yang menempatkan photo mereka menggunakan batik di blognya, " imbuhnya.

Juga sebagai penghargaan pada beberapa blogger itu, #BatikDay lewat Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif bakal pilih tulisan paling baik serta mengundang mereka menghadiri moment Jakarta Fashion Week yang bakal berjalan pada November 2012. Diluar itu beberapa blogger akan di ajak berkunjung ke salah satu sentra batik Indonesia.

Untuk gerakan non-digital, #BatikDay juga mengadakan pemutaran film karya Nia Dinata, Batik Our Love Story, serta diskusi tentang " Dampak Batik pada Industri Fashion Amerika ", berbarengan dengan penyerahan penghargaan untuk pemenang pertandingan portal berdesain batik. Tema ini diangkat untuk mengerti ketertarikan beberapa desainer mode internasional yang saat ini juga banyak menerapkan motif batik pada rancangan mereka.

aksesoris kalung facebook Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilham Septian

0 komentar:

Posting Komentar