Selasa, 17 Maret 2015

aksesoris hp korea

aksesoris hp korea Pemerintah Propinsi Aceh lewat Dinas Kebudayaan serta Pariwisata meniti festival kuliner dengan mengadakan Festival Kuah Beulangong 2014 di halaman Museum Aceh, Banda Aceh, Usaha itu untuk memperkenalkan kekayaan kuliner serta tingkatkan kunjungan wisatawan ke ”Bumi Serambi Mekkah”.

Festival Kuah Beulangong 2014 melibatkan 15 grup yang datang dari beberapa kecamatan di Kota Banda Aceh serta Kabupaten Aceh Besar. Tiap-tiap grup berisikan 10 orang. Seluruhnya grup menggunakan keseluruhan 150 kg daging sapi untuk bikin kuah beulangong.

Kuah beulangong yaitu masakan khas Aceh. Masakan itu terbuat dari beberapa rempah, air, daging sapi atau lembu, serta potongan nangka muda atau pisang yang dimasak dalam beulangong atau belanga atau kuali besar.

Kepala Dinas Kebudayaan serta Pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Pahlevi menyampaikan, Festival Kuah Beulangong 2014 adalah yang pertama kali diadakan di Aceh. Maksud penyelenggaraan yaitu mengenalkan salah satu khazanah kuliner di Aceh. Reza meneruskan, kemungkinan festival itu bakal jadi cikal akan penyelenggaraan festival kuliner Aceh pada masa yang akan datang. ”Aceh mempunyai kuliner yang bermacam, umpamanya timphan, gulai itik, gulai plieku, kari kambing, sate masak, serta mi aceh. Kekayaan ini adalah modal untuk promosi wisata, ” tutur dia.

Pemprov Aceh juga tengah konsentrasi meningkatkan bidang pariwisata. Berdasar pada data Disbudpar Aceh, seputar 30. 000 tamu mancanegara serta 1, 1 juta tamu domestik bertandang ke Aceh selama 2013. Th. ini, tujuan jumlah kunjungan tamu mancanegara serta domestik dapat bertambah 15 %. Berdasar pada pantauan Kompas, tiap-tiap grup mempunyai resep serta cara semasing bikin kuah beulangong. Sebagian besar yang memasak kuah beulangong yaitu laki-laki. Lama memasaknya seputar 1, 5 jam.

Ketua grup 1 Kecamatan Kutaalam, Banda Aceh, Ibrahim Hamzah (63), menyampaikan, tiap-tiap daerah di Aceh mempunyai ciri khas semasing dalam memasak kuah beulangong. Di pedalaman, banyak yang memakai penambahan potongan nangka muda. Di lokasi pesisir, banyak yang memakai penambahan potongan buah pisang atau batang pisang. ”Kesemuanya mempunyai kesamaan, yaitu dimasak didalam beulangong, ” ucapnya.

Anggota tim juri Festival Kuah Beulangong sekalian Wakil Ketua Majelis Kebiasaan Aceh, Aceh Besar, Ayub Yusuf, menjelaskan, kuah beulangong umumnya disajikan dalam kenduri pesta pernikahan serta Maulid Nabi Muhammad SAW.

”Kami mengharapkan karenanya ada acara sejenis ini dapat melestarikan kebiasaan serta budaya, terutama kuliner Aceh supaya tak punah atau dilupakan orang-orang Aceh, ” kata Ayub.

Disamping itu, kamar penginapan di beberapa lokasi wisata di Banten telah habis dipesan untuk libur panjang akhir minggu kelak. Libur hari raya Nyepi pada Senin yang akan datang itu mengakibatkan lonjakan okupansi dibanding dengan hari umum yang optimal 30 %.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel serta Restoran Indonesia Kabupaten Serang Hardomo, di Serang, Kamis, menyampaikan, Anyer yaitu lokasi wisata terkenal di Kabupaten Serang.

aksesoris hp korea Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilham Septian

0 komentar:

Posting Komentar